-->

Cara Merawat Komputer Yang Baik Agar Tidak Mudah Rusak

Cara Merawat Komputer - Hai sobat sekalian disini saya akan membahas artikel tentang cara merawat komputer agar tahan lama. Pasti semua orang berkeinginan komputernya bisa tahan sampai 5-10 tahun kedepannya. Namun hal itu perlu kedisiplinan dalam merawat komputer. Tentu saja bukan sembarangan merawat, tetapi menggunakan cara yang benar agar komputer bukan malah tambah rusak.

Namun komputer bisa mengalami kerusakan, kadangkala dari pemakaian komputer yang tidak sewajarnya. Ada juga kerusakan yang datang secara tiba-tiba seperti ngehang, kinerja lambat, komputer ngrestart sendiri, dan sebagainya. Nah itu adalah kerusakan yang terjadi dibagian software, akan tetapi tidak menutup kemungkinan ada kerusakan didalam hardware. Oleh karena itu sobat harus melakukan perawatan agar komputer bisa awet.

Sobat jangan khawatir disini saya akan memberikan tips/cara agar komputer awet dan tahan lama. Berikut ini caranya.
Cara Merawat Komputer Yang Baik Agar Tidak Mudah Rusak

CARA MERAWAT KOMPUTER

1. Tutup Program Yang Sudah Tidak Digunakan

Setiap program yang dijalankan pasti membutuhkan RAM. Semakin banyak program yang dijalankan maka ram yang digunakan akan semakin banyak. Hal ini yang dapat menyebabkan komputer menjadi ngehang maupun program yang dibukan tiba-tiba aka not responding. Oleh sebab itu sobat bisa menutup program yang sudah tidak diperlukan melalui Task Manager. Hal ini setidaknya bisa mencegah kerusakan dibagian komponen komputer dan tentu saja memperpanjang umur komputer itu sendiri.

2. Install Antivirus Agar Tidak Terkena Virus

Virus komputer semakin hari semakin berbahaya, oleh karena itu sobat harus sering melakukan pengecekan terhadap komputer agar tidak terinveksi virus. Setelah ini sobat bisa melakukan scanning agar virus dapat hilang dari komputer sobat. Lakukanlah hal ini secara rutin, paling tidak 1 minggu sekali. Agar komputer dapat terhindar dari kerusakan yang fatal dan dapat merugikan diri sendiri. Sebab saat sudah terinveksi virus dan merusak komponen tertentu maka ada biaya pembiayaan yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki komputer tersebut.

3. Uninstall Program Yang Tidak Digunakan

Hal ini setidaknya bisa memberikan ruang untuk hardisk. Biasanya hardisk yang kebanyakan program, saat dibuka loadingnya akan lama. Sehingga bisa dibilang kinerja komputer akan semakin berat dan dapat merusak hardisk.

4. Hindari Komputer Dari Benda Bersifat Magnet

Komponen yang terbuat dari maget bisa bersifat merusak komputer terlebih lagi dari bagian hardisk. Nah daripada hardisk kita terlanjur rusak maka kita harus mengantisipasi hal ini.

5. Matikan Komputer Dengan Benar

Jangan sekali-kali melakukan cara yang tidak lumrah dalam mematikan komputer, seperti mencabut langsung kabel komputer padahal komputer sendiri belum mati. Cara yang di anjurkan untuk mematikan komputer yaitu dengan klik start-shutdown-tunggu komputer hingga benar-benar mati, baru kabel komputer boleh dicabut.

6. Berikan Ruang Ventilasi Yang Cukup

Yang saya maksud disini adalah ruang antara tembok/dinding ke monitor/CPU harus di beri ruang yang agak luas. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan panas yang berlebih yang dikeluarkan oleh monitor/CPU agar tidak merusak komponen tersebut. Usahakan jarak monitor atau CPU ke tembok adalah 40cm. Disarankan juga saat menggunakan komputer bisa menghidupkan kipas angin atau AC didalam ruangan.

7. Restart Komputer Jika Penggunaan Melebihi 10 Jam

Mungkin hal ini banyak disepelekan oleh semua orang, mereka mengabaikan komputer yang sudah hidup selama 10 jam lebih. Hal ini bisa menyebabkan komputer menjadi lemot dan program tidak akan berjalan dengan maksimal. Untuk itu kita perlu melakukan restating komputer ketika batas penggunaan sudah melebihi 10 jam, agar program dapat berjalan lancar kembali.

8. Bersihkan File Sampah

Untuk membersihkan file sampah bisa dibilang mudah. Sobat bisa melakukannya dengan mengklik pada program recycle bin, lalu copy semua file dan delete. Cara ini bertujuan untuk membersihkan sisa file yang masih ditampung di recycle bin agar dapat memberikan ruang dihardisk.

9. Bersihkan CPU dan Peranti lainnya

Setidaknya sobat harus membersihkan Peranti yang ada dalam komputer minimal 4 bulan sekali. Pembersihan bisa menggunakan kain halus, kuas kecil cat, dan alat penyemprot udara. Peranti yang dibersihkan bisa dimulai dari CPU, monitor, keyboard, RAM, Vga, dan masih banyak lagi.

10. Pasang Kabel Ground

Biasanya casing komputer nyetrum saat dipegang, untuk mengantisipasi hal ini bisa menggunakan kabel ground. Caranya mudah sekali yaitu dengan ambil kabel dengan panjang sekedarnya. Ujung satu dikaitkan dengan tubuh CPU sedangkan ujung yang lainnya ditanam dalam tanah. Hal ini bisa menetralisir arus listrik yang nyasar ke komputer sobat menjadi hilang dan bisa membuat komputer awet dan tahan lama.

11. Jangan Pakai Komputer Saat Hujan Deras

Hal ini untuk mencegah saat hujan tiba-tiba ada petir yang menyambar, dan itu akan membuat komputer sobat konslet secara tiba-tiba. Dan resiko yang lebih parah lagi komputer sobat tidak bisa hidup lagi.

Kesimpulan:

Ketika sobat menginginkan agar komputer tahan lama, hal yang harus dilakukan janganlah malas dalam melakukan perawatan komputer. Dan yang perlu diingat mencegah lebih baik daripada memperbaiki. Oleh karena itu rawatlah komputer secara rutin agar awet dan tahan lama.

Sekian artikel Cara Merawat Komputer Yang Baik Agar Tidak Mudah Rusak dari saya, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat sekalian, terima kasih :) :D

16 comments

Tambahan info. Clean junk files dan defrag HDD untuk menstabilkan sistem.
Tapi karena saya pengguna linux jadi beda cara penanganan terutama antivirus

makasih gan infonya buat pengetahuan juga kalo ane dah punya komputer pribadi

hal yang paling jarang dilakukan dengan cara merawat komputer, biasanya sih jrang di bersihin CPU nya.. males bongkar bongkar soalnya

makasih ga,n klo tips di atas sbenernya udh sering di lakukan tapi untuk pemasangan kabel ground jujur saja ane baru tau

Maksudnya menutup sama uninstall beda ya, hehe. Doain aja gan latop ane rusak nih gara-gara kena air.

Gan udah punya artikel tentang bersihin komputer ga, kalau punya reply aja mau baca juga nih

wah no 11 saya sering pake gan, untung ga pernah terjadi, thanks infonya gan :D

lumayan bermafaaat.
tapi ane gak punya komputer.
gimana nih?? wkwk
tapi gapapa lah
modal buat punya komputer
yaitu pengetahuan :v

iya gan beda os beda penanganan

sama-sama gan

tapi kalau gak pernah dibongkar dalemnnya pasti banyak debu nyangkut ya hehe :D

next artikel ya gan stay aja diblog ane hehe

Hi, all is going sound here and ofcourse every one is sharing facts, that’s really fine, keep up writing.
BandarQ
Hack BandarQ
Sex Story
Agen Sakong dan BandarQ