-->

Cara Optimasi SEO Sederhana Pada Blog

Cara Optimasi Seo Sederhana Pada Blog
Cara Optimasi SEO Sederhana - Hai sobat sekalian disini saya akan membahas artikel tentang cara SEO sederhana. Bagi semua blogger artikel bisa masuk page one itu adalah hal yang mutlak. Kenapa? karena jika sudah page one pasti banyak visitor yang akan mengunjungi blog kita. Lantas apa usaha yang harus diakukan agar bisa masuk page one?
Optimasi SEO jawabannya. Akan tetapi optimasi SEO itu adalah hal yang membosankan bagi para blogger. Bisa dibilang membosankan, sebab banyak yang harus dipelajari didalam SEO sedangkan jika kita sudah menerapkan banyak optimasi namun hasilnya nihil, toh kita bisa jadi malas ngeblog.
Sebenarnya optimasi SEO itu tidak harus sobat pelajari semua, cari point pentingnya saja yang menurut sobat bisa mudah untuk dipelajari. Saya saja tidak semua optimasi SEO saya terapkan, namun hasil yang saya dapatkan lumayan. Ada beberapa artikel yang bisa masuk page one. Akan tetapi jangan langsung beranggapan bahwa optimasi SEO lainnya tidak diperlukan. Menurut saya itu adalah anggapan yang salah, seharusnya optimasi SEO yang lainnya itu jangan dilupakan tetapi jadikan sebagai penunjang.
Namun disini sobat banyak yang masih bingung optimasi SEO mana yang akan dijadikan sebagai prioritas utama. Tenang saja disini saya akan memberikan cara optimasi SEO yang harus diprioritaskan atau bisa disebut juga cara/tips optimasi SEO sederhana. Nah jika sudah tidak sabar berikut ini tips yang akan saya berikan.

Optimasi SEO Sederhana

1. Perbanyak Keyword Yang Saling Berkaitan di Dalam Artikel

Optimasi yang pertama ini bisa dibilang sangat manjur untuk membuat artikel mendapat nilai baik dimata Google. Entah kenapa artikel yang memiliki keyword yang bervariasi dan saling berkaitan lebih mudah dicari dimesin pencari Google. Tetapi hal ini merupakan pertanda baik karena semakin sobat memberikan kreativitas pada keyword yang ada didalam artikel, maka semakin besar pula bisa menduduki page one. Namun sobat pasti masih bingung untuk mencari keyword yang tepat didalam sebuah artikel. Coba sobat lihat gambar dibawah ini.
Cara Optimasi Seo Sederhana Pada Blog













Nah disitu saya mencari tentang merawat tanaman cabe. Tetapi dibagian bawah halaman Google disitu ada tulisan penelusuran terkait. Hal ini bisa sobat gunakan untuk menambah variasi keyword yang ada di dalam artikel sobat. Keyword yang terkait itu bisa diletakan didalam paragraf awal penjelasan atau bisa kita taruh menjadi Sub-Heading. Terus apa keuntungan menulis penelusuran terkait kedalam artikel? Keuntungannya yaitu ketika sobat menulis sebuah artikel tentang cara merawat tanaman cabe dan sudah diposting, lalu ada yang mencari dengan keyword tersebut pasti tentunya akan muncul di halaman awal kan, lha jika dengan keyword lain bagaimana? contoh saja seperti dipenelusuran terkait itu cara merawat cabe agar berbuah besar, nah dari situ postingan sobat yang sudah dimasukan kata kunci tersebut maka akan ikut terseret oleh google kehalaman awal karena adanya saling keterkaitan keyword dipencarian dengan di dalam artikel, nah ini yang dapat menjadi keuntungan utama didalam cara ini.
Namun yang perlu diingat keyword akan mendapat nilai yang baik jika diletakan diwal atau akhir paragraf. Dan jika sobat ingin menulis keyword didalam suatu kalimat, janganlah ulangi kalimat tersebut lebih dari 3 kali karena bisa dianggap sebagai SPAM oleh Google.

2. Gunakan Tag Heading di Artikel

Untuk cara satu ini pasti sering dilupakan oleh sobat saat menulis blog. Seberapa penting tag heading didalam artikel? menurut saya tag heading itu penting sekali ketika kita menulis artikel, karena tag heading bisa memberitahu Google bagian mana yang terpenting dari awal sampai akhir. Artikel yang tidak menggunakan tag heading bisa dibilang fatal, karena google akan sulit membedakan informasi yang penting dengan yang tidak. Namun ada juga dari sobat yang sudah menggunakan tag heading tetapi salah penggunaanya didalam artikel. Hal itu juga sangan bepengaruh didalam SERP yang Google.
Lalu bagaimana penggunaan tag heading yang benar. Coba lihat penjelasan saya dibawah ini.

Cara Merawat Cabe Merah=>Judul=>Tidak usah dirubah karena secara otomatis sudah <h1>

Cara Merawat Cabe=>Penegasan Ulang=>Diganti dengan Heading atau <h2>

Memberi Pupuk=>Penjelasan=>Diganti Dengan Sub-Heading atau <h3>

Memberi pupuk adalah hal yang harus dilakukan ketika menanam cabai=>Isi Dari Penjelasan=>Tidak usah diganti karena secara otomatis tipenya sudah Normal

Kesimpulan=> Diganti dengan Minor Heading atau <h4>

Dari situ bisa kita lihat informasi yang terpenting adalah cara merawat cabe merah terus penegasan cara merawat cabe dan seterusnya. Hal ini tentunya akan memudahkan robot Google menganalisa artikel kita. Nah itu juga bisa sobat jadikan patokan dalam membuat artikel, agar tulisan menjadi disukai Google dan terlihat rapi.

3. Optimasi Gambar dan Deskripsi Penelusuran

Trik SEO sederhana yang terakhir ini terlihat sepele tapi penting. Gambar yang ada didalam artikel sobat itu bisa dibilang sebagai gambaran seluruh isi artikel yang sobat tulis. Optimasi gambar yang terpenting yaitu atribut ALT tag dan TITLE text. Kenapa? karena jika tidak ada atribut ini maka gambar sulit terindex oleh Google.
Lalu apa yang isi dari atribut tersebut? Isi dari atribut tersebut adalah kata kunci yang sobat incar dan tentunya harus relevan. 
Untuk deskripsi penelusuran sendiri kurang lebih sama seperti fungsi gambar yaitu untu memberikan gambaran terkait artikel yang sobat tulis. Maka sobat harus mengisi deskripsi penelusuran dengan kalimat yang sesingkat mungkin dan dapat mewakili seluruh isi artikel. Deskripsi penelusuran bisa diambil dari hal-hal penting yang ada didalam paragraf pertama.

Kesimpulan:

Optimasi SEO itu ada banyak sekali. Tentu saja kita tidak akan mempelajari semua. Akan tetapi kita harus mempunyai prioritas utama untuk optimasi SEO sederhana yang harus dipelajari. Hal ini akan membuat kita lebih fokus kedalam hal tersebut dan untuk mendongkrak posisi menuju page one itu kiranya tidak akan sulit. Dan ketika masih bingung dengan memprioritaskan SEO maka sobat dianjurkan menggunakan cara/tips diatas.

Sekian artikel Cara Optimasi SEO Sederhana Pada Blog dari saya, semoga dapat bermanfaat dan membantu sobat sekalian, terima kasih :) :D

15 comments

mntap infonya boleh saya coba nanti gan.....

oh itu yang kata-kata dibawah bisa dijadiin keyword. Terima kasih infonya :D

Nomer 3 sering saya lakukan karena mudah dalam penerapannya

Patut di coba, thanks gan :)

Yang tips bagian di kata Judul,Mempertegas dan lainnya,saya kurang mengerti gan :) tolong dijelaskan

Gan Makasih untuk tips nya siap praktek

mantap gan infonya, nyoba dulu gan :D

Top markotop gann,
Patut dicoba nih caranya

Nice info , langsung di praktekkan gan

wah keren gan infonya.. saya ijin untuk menerapkan hal yang sederhana ini.. tapi kayaknya repot yah gan.. hahah

iya gan bisa jadi suggested keyword

jika kurang jelas boleh bertanya lewat contact us nanti ane jawab

gak repot gan tinggal penerapannya aja